Waiter yang sibuk menunggu..

The Cheerful Waitress
13:54

Dia berdiri tegap menghadap ke arah meja pelanggan. Tidak boleh membelakangi pelanggan, itu aturannya. Matanya memperhatikan hingga sudut ruangan, dia menunggu waktu untuk dapat melayani pelanggan, eh salah, dia menunggu waktu sebentar lagi dia bisa pulang dan pacaran.

Rambutnya dicat agak kemerahan. Dia sama seperti rekan-rekan yang lainnya. Menenakan pakaian serba hitam, ala british maid, rambut diikat ke belakang, mengenakan semacam celemek kontras berwarna putih bercap rusa hitam bertanduk 12 diikat erat di pinggang, ditambah dengan stocking hitam, dan akhirnya sepatu hitam. Kulitnya untung tidak hitam, agak kecoklatan sawo matang. Kali itu dia lupa mengenakan yang paling penting, di bagian wajah: senyuman tulus.Bekerja 8 jam sehari, 5 hari seminggu. Over time akan dikerjakan bila diperlukan oleh owner atau dirasa perlu oleh rekan kerja. “Uangnya ga seberapa, yaampun segitu doang dikasih per jam.”
Durasi over time dihitung setelah 1 jam pertama loyalitas bekerja. “Kita masuk kerja disuruh on-time, kalo telat dateng kena denda potong gaji. Ya kalo gitu pulangnya juga harus on-time atuh..”

Gaji waiter rata-rata di semua restoran hampirlah sama. Nilai 1 juta rupiah sudah cukup baik, jarang yang bisa menembus UMR 1,5 juta apalagi katanya bulan depan UMR naik jadi 2,2 juta. Di restoran yang cukup mewah ini gajinya segitu, ternyata sama juga dengan restoran yang setara juga. Tambahan rezeki diperoleh dari uang service 5% dari total penjualan, nantinya uang tersebut dibagi rata ke setiap pegawai. Uang tip? Kalau di sini dikumpulkan secara kolektif lalu dibagi rata ke semua pegawai, tergantung kejujuran masing-masing. Ya, beda restoran beda kebijakan.

Mungkin gaji waiter yang cukup besar itu ada di hotel-hotel, kalo menurut seorang bartender di sebuah hotel ternama di Bandung waiter harus pandai berbahasa inggris. Haruslah sangat piawai berbahasa inggris, menurutnya bila waiter tertangkap basah berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia (apalagi basa Sunda) di lokasi kerja akan kena denda. Hmmm perusahaan minyak internasional pun kalah. Harusnya gajinya gede, seharusnya.

Semenjak CCTV mulai beroperasi, mereka jadi sangat berhati-hati. Di setiap sudut restoran ini dapat terpantau jelas setiap aktivitas, okay tentu saja kecuali WC. Over time yang diamalkan sebagai “jam istirahat” sepertinya bisa berkurang. Demikian juga tindakan-tindakan yang merugikan perusahaan yg mampu ditangkap kamera. Mungkin pihak manajemen tidak memantau itu video CCTV setiap detik, tapi pemahaman bahwa “apapun yang saya lakukan itu dapat diketahui oleh manajemen” sungguh-sungguh efektif dan mengubah pola pikir hingga tindakan kerja.

Jenjang karir? Kenaikan gaji? Hanya waiter yang visioner yang mampu berpikir kesana. Jenjang karir dari waiter ke captain atau ke manajer ibaratnya bisa 1 banding 1000. Kebanyakan manajer itu orang yang sudah mengambil kelas pendidikan perhotelan atau apapun deh S1 mungkin D3 juga ada. Sekolah lagi? Kapan jam brp? Uang dari mana?

“Yang penting bisa kerja. Untuk bisa kerja disini aja udah bersyukur banget. Disini juga lumayan kerjanya, anak-anaknuya asik. Gajinya lumayan lah, ya betah ga betah. Kita kalo kerja ya dinikmati aja, disyukuri aja.” Waiter itu memakai HP blackberry, lengkap dengan service blackberry, mengenakan behel di giginya, rambut yang dicat di sebuah salon, menghisap rokok gaul yang kalo di iklan pake istilah Gentleman, mengupdate status teranyar di Twitter, Facebook, dan satunya saya lupa apa itu.

Keren juga yah, dari gayanya, dari penampilan, dari semuanya. Semoga beliau bisa terus belajar dan mengembangkan diri. Sebab kalau tidak 10 tahun lagi atau di umur 30 an, restoran mana pun tidak ada yang ingin mempekerjakan waiter yang tidak berpenampilan menarik dan lamban. Untuk yang ini, saya bersyukur.

[]
SHS-19 feb 14 di area garden sebuah Bistro

 

Baca juga>>
One Thing You MUST Do This Christmas
10 Kelebihan Orang Indonesia dari Orang Jepang

Tahun Baru: Resolusi sudah basi! Buat ini yang lebih berarti
 I break up with my ex. And here’s 14 reasons why you should do too..
3 Cara Agar Kita Dapat DIMENGERTI Oleh Semua Orang. No 3 paling nusuk!
Hey, STOP, where are you going?! A MUST READ for anyone who wanders in life.

Iklan

Hey, what's your opinion? Be the first to speak up!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s