10 kelebihan orang Indonesia daripada orang Jepang

Yes kita lebih dari Jepang
Yes kita lebih dari Jepang

YA, Kita LEBIH dari orang Jepang!

Saya baru aja pergi ke Jepang (maaf atas penundaan pengiriman post ini, desember 2013 kemarin ini seharusnya). Post saya dulu di Jepang ada di Tuhan bawa saya ke Jepang dan di yuk konsisten. Habis lulus dr ITB saya dpt kesempatan presentasi makalah gitu di CINEST ya tentang ilmu kebumian gitu deh. Saya presentasi cuman 20 menit, tapi jalan-jalannya 2 minggu haha (1-14 des 2013).

Sebelum berangkat ud bersyukur banget banget sih soalnya ya gmn ya luar negeri coy, lokasinya agak jauh, memiliki kultur budaya yang kuat, salah satu lokasi wisata idaman, negara maju yang terkenal dengan teknologi dan gaya hidup disiplin tepat waktu dan segalanya yang hebat-hebat deh. Intinya tuh ya (di pikiran saya) Jepang beserta orang-orangnya itu keren banget (padahal gak juga hehe).

Tapi yah, setelah beberapa lama di sana, terasa setelah seminggu udah disana saya merasa: gak gitu-gitu amat kok. Iya serius. Menurut saya pribadi sih. Ya ini kan tulisan gua ya suka-suka gua sih hahaha. Kalo mengenai lokasi wisata, tempat untuk dilihat-lihat, ya indah sih unik dan beda lah. Tapi di mana pun kaki menginjak dan mata memandang di mana pun di dunia, tetep paling dahsyat ga bisa dikalahin itu di hadirat Tuhan hehe. Btw saya doain kamu diberkati sama Tuhan 😀

Nah trus ya, mulai banyak terbuka pikiran saya setelah mengikuti gaya hidup mereka, banyak ngobrol sama mereka, melihat langsung apa yang mereka lakukan setiap harinya, btw saya sempet tinggal di rumah mahasiswa Jepang selama 3 malam. Ya itu lagi: gak gitu-gitu hebat amat.

Sebagai orang Indonesia pengen banget sih membangun bangsa, mengharumkan nama baik Ibu Pertiwi ya gitu-gitu deh terinspirasi ngeliat si Jepang ini jadinya gemes gitu pengen kerja keras pantang menyerah dan belajar lebih banyak lagi hehe. Perlu proses yang panjang dan berkelanjutan ya pasti utk membuat bangsa kita jadi maju tidak sekedar Negara Berkembang saja.

Terlepas dari itu, saya menemukan beberapa hal yang adalah kelebihan kita orang Indonesia dibanding orang Jepang. Positif atau negatif itu kan cuma persepsi. Yang penting kelebihan 🙂 semoga bermanfaat yah:

(baca>> Hey, STOP, where are you going?! A MUST READ for anyone who wanders in life.)

1. Kita bisa melafalkan “Mc Donalds” dengan baik dan benar.

2 mcd Jepang
makudonarudo

Sepele, ah yang penting kelebihan. Anda bisa kan baca itu “McDonald“? Ya versi inggris atau indonesia beda tipis lah yang penting bisa. Soalnya orang jepang gabisa (oke kesulitan banget lah) untuk bicara McDonald, mereka ngebacanya: “Makudonarudo”. Bangganya dirikuuu!

2. Kita memiliki kebebasan komunikasi lebih dari orang Jepang: bisa bertelepon di bus dan kereta.

Keren kan bangsa kita, ga ada larangan nelpon di transportasi umum! Kita bebas berkomunikasi berbicara dengan rekan kita via telpon, merdeka! Di transportasi umum bus dan kereta di Jepang, menelpon adalah sebuah pelanggaran. Bukan sekedar alasan normatif tapi sudah suatu larangan formal yang ditulis dan diumumkan terus menerus. Jadi ketika naik kendaraan ga pernah deh terdengar bunyi ringtone berisik atau orang yang lagi asik ngobrol manis dengan pacar atau ngobrol seru bicarain proyek miliaran rupiah hahahaa. Sebenernya bisa juga kan yah HP di-silent trus nelponnya pake headset diem-diem. Bahkan yang aman seperti itu saya belom pernah liat sekalipun loh ada yang telponan.

3 kid
anak siapa sih?

Sempet saya nanya ke orang Jepang kayak begini (translated):

“kenapa sih bro, ga dibolehin untuk telponan di bus atau kereta?”
“Ya emang buat apa telponan di bus/kereta?”
“Ya telponan aja gitu”
“Ya buat apa gitu telponan? Harus bgt telponan ya?”
“ya telponan aja git..”
“IYA TAPI BUAT APA TELPONAN DI SITU?!”
“…….”

(langsung ganti topik)

Hmm ya ga menjawab pertanyaan sih tapi intinya ga boleh deh, asumsi gua sih respek sama penumpang lain di kendaraan kali yah, berisik gitu. Lebih baik smsan (mungkin). Di kereta atau bis kebanyakan sih mereka dengerin lagu, baca buku, smsan, internetan, atau paling banyak tidur pulas.

4 berdoa di kereta
berdoa dengan luar biasa di kereta..

Tapi kalo diinget-inget di Indonesia ada juga orang-orang yang ga mau terima telpon di angkot atau bus gitu. Bukan karena aturan atau gamau mengganggu orang lain, tapi karena takut dicopet. Yes, betapa aku cinta Indonesia.

3. Orang Indonesia lebih bebas melakukan banyak hal di banyak tempat. MERDEKAA!

Agak mirip sama nomer sebelumnya tapi ini lebih luas sih maknanya. Terus kenapa ga digabung? yaudah sih ya.

5 smoking harajuku
smoking area in harajuku..

Ketat banget sama masalah merokok. Tempat umum steril dari asap rokok, merokok hanya diperbolehkan di lokasi tertentu. Mirip sama singapore kali yah. Dan kl ngerokok sambil jalan itu fatal, dan kalau ketangkep denda 500 rebu rupiah. Tapi ada juga yang ngelanggar kok, ga gitu-gitu disiplin amat haha. Pas gua tanya dia ketawa-ketawa aja.

Terus yah disiplin bgt sama yang namanya lampu lalu lintas. Jadi lampu ini berlaku dan ditaati sekali sama pengendara mobil/motor dan pejalan kaki/pengendara sepeda. Jadi kalo mau nyebrang dan lampu lagi merah yah kebanyakan org Jepang berhenti tunggu dulu sampai ijo. Meskipun jalanan kosong melompong dan nyebrang cuma 5 meter deket gitu. (Tapi sempet kok bbrp orang yang ngelanggar yaelah ga gitu-gitu amat).

6 red light
Lampu merah sepi kosong cuma 10 meter tapi tetap disiplin
7 red light
Wah, sambil nyebrang jalan sambil ngelirik nih yeeee

Dan lagi, ada level prioritasnya, dari yang tertinggi: pejalan kaki, pengendara sepeda, baru deh mobil/motor. Jadi kita sebagai pejalan kaki tu aman lah ga perlu takut ditabrak. Duh jadi inget rekan saya baru keserempet motor di BDG, gemes banget suwer deh.

Nah kalo dibanding kita, lebih seru kan yah? Coba berapa orang yang nyebrang di zebra cross? Dan kalau nyebrang di zebra cross pun, berapa persen kendaraan yang rela menghentikan sejenak menunggu pejalan kaki menyeberang? Ya, kita lebih bebas, bisa nyebrang dimana aja kapan aja. Pengecualian untuk kawasan protokol ibukota yang banyak polisinya (haha).

Jadinya hidup kita lebih hidup, benar?

Adrenalin dipacu terus. Motor bisa nyalip nyalip dengan kecepatan tinggi. Kita bisa bersinggungan kapan pun. Seru deh!!

8 couple
bergandengan tangan hingga maut memisahkan..

4. Kita lebih banyak mendapat peluang penipuan via telpon genggam.

9 jongkok nih
duh sakit perut nih >.<

Di jepang nomer hp ngurusnya lumayan ribet. Ga seperti kita tinggal beli HP merek apapun, trus tinggal beli deh nomer HP dengan pilihan provider yang sangat beragam. Kita, satu orang bisa punya sebanyak mungkin nomer. Misalnya abis pedekate sama orang, terus mau tinggalin hubungan yaudah buang aja simcard-nya ke laut, pasang nomer baru lagi, selesai.

Jadi pasti mereka ga mungkin dapet sms legendaris “Mama minta pulsa“, “adek minta uang dadakan“, “anak minta tebusan“, atau “selamat Anda memenangkan Alphard“, “Anda memenangkan undian 100 juta rupiah“. Btw saya udah mendapatkan banyak mobil dan uang milyaran rupiah, namun bodohnya saya tidak gubris nomer hp misterius itu, hahaha.

Tapi tentu tetap ada kemungkinan sih. Pasti ada jalannya utk yang namanya nipu atau beli banyak nomer hape. Tapi yang pasti di kita lebih mudah 😉 KITA LEBIHHHH!!!

5. Gmana bilangnya yah, kita lebih gak ngantri.

10 antre
Naik bus ngantri, naik kereta ngantri, semuanya ngantri. Sebutin aja deh apa kek gitu kegiatan yang melibatkan orang banyak yang perlu adanya giliran bergantian, pasti ngantre. Pernah sekali seorang tanpa sadar kayak nyalip saya punya antrian. Beliau bener2 minta maaf banget ud kayak abis ngapain aja.

Terus kenapa sih kalian kalo ngantri kok rapi banget? KENAPAAA?

Kita seru dong ga ngantri-ngantri amat.

6. Orang Jepang ga ngerti cara download video dari youtube.
Saya bisa, banyak temen saya bisa, mungkin kamu bisa, kalau kamu ga bisa tanya temen kamu yang bisa. Yaudah intinya: mereka ga ngerti ngedownload video Youtube karena kalo nonton Youtube ga pernah buffering. Bahkan kalau menggunakan HP!

Ya ya ya, kita lebih!

7. Orang Jepang sulit multitasking (melakukan banyak hal bersamaan) di kamar mandi.

11 kloset
banyak tombol, bisa setel musik juga loh..

Okay saya mohon maaf di awal sekali aja yah, maaf kl yang ini kurang pas dibaca sambil makan terutama kalau makanannya batagor. Kebanyakan kamar mandi itu dibagi jadi lokasi basah dan kering. Basah untuk mandi gitu. Kering untuk buang air besar, menengah, dan kecil. Dipisahnya itu di ruangan yang berbeda yah, lalu yang saya bicara ini mayoritas jadi please gausah komplen haha.

Kalo saya sih, duh tulis ga yah, saya tuh kalo lagi boker (be’ol) sukanya sambil keramas dan sikat gigi. Kalau mereka ga bisa! Sempat di minggu pertama saya beserta rekan mahasiswa lainnya nginep di rumah alumni ITB di Fukuoka. Si abang komplain demikian:
Kalian kalau mandi jangan sambil pipis yah. Ketahuan soalnya bau pesing di kamar mandi.”

Pas ngomong kayak gitu saya tertegun diam dan memformat ulang pola pikir:
“ah kan pipisnya larut sekalian sama air mandi dan air sabun! Yeaaay! Ya kayak biasa mandi di Indonesia ajaaaa.

Padahal kalau dipikir-pikir hal sepele itu berguna untuk menghemat waktu, demi terciptanya efisiensi kerja di hari-hari produktif. Nah! Tuh kan kita bisa lebih cepat ngerjain semuanya bersamaan. Kita bisa lebih baik mengenai waktu!!

KITA LEBIHHH!!

8. Rusa yang ada di Indonesia lebih cakep

12 cakepan rusa indonesia
Rusa di Jepang 😛

Kita punya rusa di monas, ada juga di bogor, ada juga sih di kebon binatang. Rusa yang gua temuin di jepang duh gimana yah menyedihkan deh. Silakan liat sendiri. Sedangkan rusa kita cakep2. Ya intinya rusa kita lebih cakep hehehe :p

9. Kita orang Indonesia, lebih santai

13 makan berdiri
Restoran Berdiri

Orang Indonesia menurut saya senang sekali dengan nongkrong, di setiap pengkolan pasti ada aja orang yang nongkrong. Ngopi-ngopi dulu nyantai dulu. Sebatang dulu, sebungkus dulu. Mungkin Anda bisa berkilah kalau kehidupan di Ibukota sangat cepat luar biasa. Tapi apakah kita segitu cepat dan semangat bekerjanya sampai-sampai punya restoran yang konsumennya makan sambil berdiri karena mau buru-buru?

Terus itu juga ditunjukkan dengan sikap orang Jepang kebanyakan yang bergerak sangat cepat dan terkadang berlari. Biasanya lari ngejar jam kereta (karena sudah terjadwal sekali) atau juga jam kedatangan bus. Satu lagi itu ditunjukkan dengan jelas dari supermarketnya. Toko 7-eleven di Jepang berbeda jauh dengan di Indonesia: GA ADA BANGKU DI LUAR UNTUK NONGKRONG! Hahahahaha demikian juga dengan convenience store yang lainnya, ada sih beberapa (tapi jarang, ada aja kalo dicari mah).

10. Kita lebih cepat gendut dan tua

14 students
pemakan daging babi+junk food dan peminum alkohol loh hehe

Sama-sama makan nasi loh. Makan sayur juga. Makan ikan kadang lebih banyak. Makan daging juga. Makan daging babi pulak (kita mayoritas orang Indonesia tidak makan karena haram, saya sih makan) ya maksudnya kan menurut riset atau kata siapalah daging babi banyak penyakit dan lemaknya jahat. (Tapi enak dan orang Jepang makan itu btw SEMUA ramen di Jepang mengandung babi). Mereka makan junk food juga (mcd, kfc, burger king, dll). Mereka lebih banyak minum (alkohol dan semacamnya) daripada kita.

Tapi kita lebih mudah gendut, lebih cepat tua (penuaan), dan pastinya lebih cepat sakit. KENAPAAAA? Okay kali ini saya kasih beberapa referensi yah supaya kayak orang pinter gitu tulisannya.

“The Japanese diet is the iPod of food,” Naomi Moriyama, co-author of Japanese Women Don’t Get Old or Fat: Secrets of My Mother’s Tokyo Kitchen. “It concentrates the magnificent energy of food into a compact and pleasurable size.”

Trus trus pria dan wanita tertua di dunia (115 tahun) adalah orang Jepang. Trus “Japanese women have one of the longest life spans of any country, only second to those in Hong Kong.”

Dari yang saya lihat hampir semua makanan terasa kayak hambar, ga gurih, dan jauh dari pedasnya makanan kita. (Ada juga sih restoran yang khusus pedas, ya ga gitu2 amat). Terus minumannya jauh dari manis. Green tea, Oolong tea, dan the (aduh berubah otomatis nih gabisa nulis tea dlm bhs indonesia) apa gitu yang sama tawar. Mungkin ini salah satu faktor yah.

Ditambah sama mereka suka banget jalan dan naik transportasi umum. Kata temen di sana sih, pajak untuk kendaraan mahal banget. Gatau juga sih belum pernah beli mobil di Jepang, pernahnya beli bolpen yang bisa diapus aja. Mungkin karena orang Jepang banyak kerja jadinya lemaknya banyak kebakar.

Masalah bakar lemak. Disini ga ada pembantu coy. Apalagi baby sitter, jadi pemandangan keluarga muda yang ganteng cantik kaya, dengan baby (bayi) yang dimomong sama baby sitter yang berjalan di belakang mereka hampir gak pernah ada di Jepang.

Karena ga ada pembantu jadilah bersih-bersih rumah dilakukan sendirian. Pembantu sebenarnya ada tapi harganya mahal luar biasa. Orang tua aja motong rumput, apalagi anak muda? Berarti yah mereka juga mengerjakan hal yang biasa dikerjakan oleh para pembantu kita gitu dan babysitter kita.

Lebih banyak kerja dan lebih banyak kerja.

15 young parents
keluarga muda, tanpa kehadiran baby sitter 🙂

Udah gitu berarti Jepang sudah kehilangan 2 buah mata pencaharian kan yah? Ga ada pekerjaan sebagai babysitter dan pembantu rumah tangga. Berarti kita lebih luas kan lapangan kerjanyaa? Berarti kita lebih hebat kan yaah? Lebih lebih lebihhhhhh!

***

#nb: intensi penulis hanya ingin cerita aja, ga ada maksud lain, tolong jangan dibaca diresapi terlalu dalam terlalu serius. Silakan komentar di bawah yah, komentar positif aja yang diterima.

nb2: ini foto2 koleksi pribadi diambil menggunakan kamera partner awak.

YA MAJULAH INDONESIAAAA [] SHS Okt2014

16 jpn cakep banget
CHEERS!

Apakah Anda ada ide apa kelebihan Indonesia lainnya? Tuliskan di bawah 🙂

*

Baca juga>>
One Thing You MUST Do This Christmas
Ulangtahun di Bandung: Waktunya Makan Gratis
Tahun Baru: Resolusi sudah basi! Buat ini yang lebih berarti
2 Cara Mengubah Pengalaman Terburuk Menjadi yang Terbaik
 I break up with my ex. And here’s 14 reasons why you should do too..
3 Cara Agar Kita Dapat DIMENGERTI Oleh Semua Orang. No 3 paling nusuk!
Hey, STOP, where are you going?! A MUST READ for anyone who wanders in life.

 

Iklan

30 pemikiran pada “10 kelebihan orang Indonesia daripada orang Jepang

  1. Setiap negara mempunyai kekurangan dan kelebihan, tapi sebagai bangsa Indonesia jangan sampai kita berbangga dan berpuas diri karena kita bisa bebas melakukan apapun tanpa ada denda atau pelanggaran hukum. Berbahaya nanti kebablasan, setelah membaca artikel ini mari kita sama-sama perbaiki kebiasaan yang menjadi penghambat kemajuan, kesatuan dan kedamaian seluruh bangsa Indonesia. MERDEKA !!!!!

    Disukai oleh 1 orang

  2. klo lari ngejer jam kereta ama makan berdiri juga sering di jakarta klo pagi2 jam kerja wkwk, klo ngantri juga udh mulai mendingan klo di toilet mall2 gede di jakarta/bekasi, tau dah di mall2 average atau area laen kyknya masih kacau. klo buang air kecil ya di kloset lah cuy masa di lantai.

    Disukai oleh 1 orang

  3. L

    Haha… Tapi bukannya sy mau menghina bangsa sndiri tpi ada kebebasan di indonesia diantara 10 hal tadi yg membuat bangsa kita tdk tertib dan maju seperti Mengantre, di Jepang orang slalu mengantre walaupun tdk ada peringatan dan di Indonesia sudah diberi peringatan masih saja ada yg nerobos masuk itulah yg membuat bangsa kita tdk maju

    Disukai oleh 1 orang

  4. hahahahaha hati-hati, jangan sampai terjebak ya bacanya. semua itu tergantung orangnya kok, rada p’a juga sama kayak kita-kita (gue aja kali, lo enggak). ibarat kata kalo di Indonesia, sikap orang-orang Jepang itu mirip dengan orang-orang sukabumi maupun jateng dan jatim (pokoknya di Jawa). yang gue bingung antara orang Jepang dengan orang Indonesia, kenapa pikirannya sama-sama cabul ya? itu sih opini saya. pokoknya nih artikel gokillll abis hahahaha

    Disukai oleh 1 orang

  5. artforiaofficial

    adik saya baru saja kemarin ke jepang jadi penasaran di sana seperti apa, bisa kah adik saya beradaptasi,, tetapi setelah membaca blog anda, saya jadi berpikir mungkin adik saya sanggup untuk beradaptasi dari perubahan kehidupan sehari hari di jakarta menjadi sehari hari di tokyo… hahahaha btw bener juga sih ,, di indonesia semua orang mempunyai kebebasan yahh.. mantap pokoke,, kita sukuri saja sebagai bangsa indonesia, yang penting rukun sesama saudara indobesia

    Disukai oleh 1 orang

  6. ruth yanah

    Baru nemu blog ini.tengah mlm ketawa gara2 liat foto yg lg sm rusa. Beritanya seru, nambah pengetahuan. Benar apa kata org (kata sapa yah?) Dgn tau keadaan negara lain kita jd lbh menghargai negara sendiri

    Disukai oleh 1 orang

  7. Angela Merrici

    So proud 😊😀
    Indonesia juga masih punya kelebihan lain bang..cewek Indonesia lebih manis cantik alami, mau di make up atau engga pun hasilnya ga jauh beda..😀😊
    Cewek jepang make up kebutuhan utama.. kalo lagi ga bermake up ya jadi flat gitu.. wkwk 😊😂
    Satu lagi, orang jepang selalu bersikap baik supaya org lain juga bersikap baik ke dia.. beda kalo indonesia.. emang 中がいいから (y)

    Disukai oleh 1 orang

  8. samuel billy

    mantab lah abang sandro…. teruskan lanjutkan lah.. yang penting indo punya sandro sirait dan dapur si brot..hahahaha.. kalo di jepang kan dia ga punya dapurosiburot…hahaha

    Suka

  9. Oka Raghunatha

    Hehehe, mantap bang sandro.
    Kalo saya ngebacanya dan mungkin menginterpretasikannya, abang kayak nonjolin masing-masing plus minusnya indonesia dan jepang tapi dikemas dalam 10 plusnya indonesia. Tapi itu opini saya doang loh habis baca, terlepas dari maksud abang yang (mungkin) emang beneran mau nonjolin kelebihannya indonesia 😀
    anyway, nice share bang 😀

    Suka

Hey, what's your opinion? Be the first to speak up!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s