Diterima BDP BCA Development Program 2015 dan Memutuskan Tidak Diambil

Saya ingin berbagi pengalaman pribadi saya mengikuti seleksi BDP BCA Development Program 2015. Dimulai dari input data di Job Fair UI 28 Februari 2015 hingga penandatanganan kontrak 19 Mei 2015 untuk memulai program 25 Mei 2015. Tulisan ini bertujuan untuk membantu rekan-rekan dalam mengumpulkan informasi terkait BDP BCA. Semoga sukses!

BDP intinya serupa dengan program Management Trainee atau ODP atau MDP atau semacamnya. Yang, katanya, bertujuan memilih dan mengembangkan calon-calon pemimpin perusahaan di masa depan. Wajar sih, soalnya seleksinya lumayan ketat dan sulit dibandingkan dengan program rekrutment staff biasa. Kalau Anda sudah lulus dari program semacam ini biasanya sih “harganya jadi lebih mahal” gitu hehehe. Btw, BDP ikatan dinas 3 tahun dan di seluruh Indonesia.

Tips suksesnya dari saya cuman 1:

buatlah persiapan yang melebihi orang lain pada umumnya.

Kalau mau tips yang mantap dan komplit bisa cek di CARA DITERIMA DI PERUSAHAAN YANG KAMU INGINKAN A LA SANDRA.

Karena yang menang pertandingan bukanlah yang paling kuat, tapi yang paling siap. Siap dalam mengerjakan testnya, pakaiannya, mentalnya, time management, pengetahuan umum, kemampuan komunikasi/diskusi, dan wawancara.

(cek juga: proses MT Asuransi Astra dan MT Trimegah Securities)

Tahapan rekrutmen BDP:

1. Psikotest 1+2 dan Interview Psikolog
Setelah 3 minggu dari Job Fair saya mengikuti test. Lokasi di Jakarta Desain Center. Testnya berlangsung dari pagi sampai sore apabila peserta lolos tahapannya. Jangan kuatir bagi yang lolos psikotest 1 akan dapat makan siang gratis super enak 🙂 Oh iya pastikan sehari sebelumnya tidur yang cukup dan menjaga tubuh yang sehat.

Psikotest 1:

  • Aritmatika (menghitung)
  • Deret bilangan
  • Daya imajinasi (gambar kubus di bolak-balik).
  • Penalaran (lanjutan gambar biasanya)
  • Analog verbal (lawan kata/persamaan kata)
  • Pauli (Menghitung angka yang banyaknya selembar kertas koran)

Intinya Psikotest 1 ini Test IQ. Jangan kuatir IQ bisa ditingkatkan ko, tapi emang perlu latihan keras dan tekun. Tapi tentu pastinya BCA punya standar minimal kompetensi untuk bisa lolos tahapan berikutnya. Test-test tadi itu mudah dicari kok latihannya ada dimana-mana tinggal niat dan kerja keras aja. Kalau saya sih tiap hari emang main game otak gitu jadinya aman. Trus saya juga suka banget sama test Pauli entah kenapa hehe.

Setelah Psikotest 1 ada seleksi singkat. Calon peserta yang awalnya 25 menjadi 20 orang. Puji Tuhan saya lolos. Lalu makan siang, dilanjutkan Psikotest 2 yang paralel dengan Interview Psikolog.

Psikotest 2:

  • EPPS (Edwards Personal Preference schedule)
  • Wartegg Test
  • DAM (Draw A Man Test)
  • BAUM (Menggambar pohon)

Intinya Psikotest 2 ini adalah Test Kepribadian. Sekali lagi informasi tentang test tersebut ada dimana-mana silakan latihan. Pesan saya adalah jadilah diri sendiri dalam versi yang terbaik.

Interview Psikolog: Saya beruntung, mendapat giliran paling akhir jadinya bisa tidur sekitar 2 jam haha. Yang sudah interview bisa langsung pulang. Yang ditanya (ditambah pertanyaan2 seputar diri sendiri)

  • Mengapa memilih BCA?
  • Sebelumnya sudah pernah bekerja? jika ya, bekerja dimana? sebagai apa? Lingkup pekerjaan apa yang dipertanggungjawabkan?
  • Jika harus ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia, apakah bersedia?
  • Apa kelebihan dan kekuranganmu?

Persiapkan jawaban dengan baik. Latihan dengan menjawab pertanyaan sebelum wawancara.

2. Dinamika Kelompok/FGD dan Interview HRD

Setelah kira-kira 1 bulan setelah psikotest saya hadir untuk tahapan selanjutnya. Ini tahapan yang paling saya suka! Menurut saya di tahapan ini, kemampuan berpikir dan komunikasi akan terlihat jelas. TIPS: belajar, belajar, belajar, diskusi, diskusi, diskusi.

Kalau sudah terbiasa brainstorming, diskusi kelompok, kegiatan mahasiswa, rapat, dan semacamnya tidak akan terlalu sulit. Biasanya yang diujikan permasalahan umum, yang terpenting cara berpikir, bukan jawaban benar/salah.

Tips komunikasi: jangan berdebat, berdiskusilah. Ingat tujuan dari diskusi bukan mencari siapa yang benar atau salah atau siapa yang pintar, tapi menemukan solusi terbaik untuk permasalahan kelompok. Dengan demikian, kita akan mempersilakan semuanya untuk memberikan pendapat tanpa memotong atau menyanggah. Ide yang baik diberi apresiasi, ide yang kurang tepat kita beri penjelasan dengan sopan dan logis. Mendominasi diskusi tidak menjamin apa-apa loh.

Tips berpikir logis dan kritis: cara berpikir dalam pemecahan suatu masalah tentu haruslah mendefinisikan masalahnya, lalu menentukan penyebab masalah tersebut, lalu mencari beberapa pilihan solusi untuk masalah. Uji segala asumsi dan pemikiran. Coba berpikir dengan seimbang, melihat sisi positif dan negatif atau kelebihin dan kekurangan. Analisis SWOT bisa membantu. Berpikirlah kreatif, namun logis dan realistis. Coba berikan jawaban yang tidak terpikirkan oleh rekan-rekan yang lain.

Contoh kasus: Ketika itu kelompok saya yang berjumlah 7 orang mendapatkan pertanyaan mengenai wacana penambahan fitur teknologi di Bank BCA yang dapat memberikan kepuasan pelanggan karena beberapa masalah yang sering timbul terkait fitur tersebut yang membuat pelanggan terganggu.

Hasil FGD: pada intinya semuanya setuju dengan penambahan fitur. Tapi saya memberikan pandangan berbeda dari semuanya yaitu bahwa kita harus memperhitungkan cost dari penambahan fitur tersebut, harus mempertimbangkan risiko keamanan yang dapat ditimbulkan dan cara menanggulanginya, juga mengajukan pertanyaan apakah benar fitur ini dapat membantu atau menyusahkan? Bagaimana kalau trial error dulu?

Salah seorang rekan lainnya, juga memberikan opini yang berbeda. (Hanya saya dan dia lolos ke tahapan BDP selanjutnya loh).

Test Puzzle Tali. Setelah case study dilanjutkan dengan menyelesaikan bersama test puzzle tali warna-warni. Puzzlenya terdiri dari 5×5 puzzle yang menurut saya ga mungkin diselesaikan tanpa adanya acuan. Gambarnya silakan didownload tapi tak perlu dihafalkan dan tidak perlu diprint untuk contekan, karena hasilnya tidak terlalu penting, yang terpenting adalah proses kerja kelompoknya. Rekan sekelompok saya yang cukup menghafal tidak lolos loh. Kerja kelompok yang baik: saling support, saling mengingatkan, bagi-bagi tugas, dan kompak.

Lalu akan mendapat pertanyaan:

  • Mengapa tidak bisa menyelesaikan 25 potongan puzzle tersebut?
  • Strategi apa yang kalian gunakan agar dapat menyelesaikan potongan-potongan puzzle tersebut?
  • Mengapa pencapaian kedua lebih rendah dari sebelumnya?

Setelah itu menunggu 10 menit di luar untuk diumumkan. Puji Tuhan saya lolos. Dari 7 orang, 2 lolos BDP, 3 lolos staff. Sebelum interview HRD diberikan formulir untuk diisi. Yang lumayan penting adalah pilihan pekerjaan, mau di jabatan mana dan mau ditempatkan dimana. Dilanjutkan dengan interview HRD yang sejujurnya sangat santai karena intinya ingin mengetahui tentang kecocokanmu dalam bekerja BDP di pekerjaan tersebut. Coba menggali motivasimu, apakah keberatan ditempatkan di seluruh indonesia, mirip lah sama Interview psikolog tapi lebih seru. Oh iya saya disarankan untuk masuk jadi Account Officer. Saya juga dapat banyak nasihat-nasihat bagus dari si Ibu HRD.

Cerita Tambahan tapi penting: di pagi hari saya menunggu FGD di Wisma Asia, saya ke toilet yang ada di ruangan setelah lorong. Ketika ingin keluar dari lorong, ada seorang ibu di belakang saya, saya spontan karena sudah kebiasaan, saya membukakan pintu dan mempersilakan ibu itu. Beliau senang banget dan berterima kasih. Hal kecil yang sepele? Btw ketika test saya kaget saat tahu ibu itulah yang menguji saya FGD dan interview saya. Right person at the right time 🙂

3. Interview User

Saya dinyatakan lolos (bersyukur puji Tuhan) dan diundang hadir Interview User. User yang maksudnya adalah orang yang akan menjadi atasan kita kalau nanti diterima bekerja. Santai ngobrol-ngobrol tentang diri kita, pengalaman, dan motivasi. Ingin memastikan kita cocok untuk bekerja di bidang itu dan cocok bekerja bersama dia. Jadi berusaha terlihat pintar mungkin akan dikalahkan oleh orang yang disukai. Pengalaman wirausaha saya yang lampau ternyata cukup relevan juga.

4. Tes Kesehatan/Medical Check Up

Di hari yang sama, Puji Tuhan, saya dinyatakan lolos dan diundang untuk medical check up keesokan harinya. Test kesehatan pada umumnya aja:

  • Test Urine,
  • Test Darah,
  • Rontgent,
  • Test kesehatan standar
  • Test buta warna.

Puasa sebelumnya, pastikan tidak memiliki penyakit yang aneh-aneh, banyak minum air putih, dan banyak berdoa, kalau sudah di tahapan ini kemungkinan besar akan lolos 🙂

5. Offering Contract/Penawaran Kontrak

Sebelum hari-H offering, biasanya kita akan diminta menyiapkan dokumen-dokumen yang harus dibawa. Beberapa diantaranya adalah ijazah asli, NPWP, dan SKCK. Sisanya dokumen biasa lah. Ijazah penting karena terkait dengan masa ikatan dinas 3 tahun untuk BDP. Jadi kalau tidak berhasil komitmen akan dikenakan penalti dan ijazah (yang didapatkan dengan susah payah itu) yang menjadi jaminannya.

*

Apabila Anda sudah diterima, SELAMAT!! BCA adalah Bank Swasta terbesar di Indonesia (IDX: BBCA). BCA memiliki budaya kerja yang penuh dengan kekeluargaan yang membuat pegawai-pegawainya betah bekerja dan apabila pindah ke bank lain akan kembali lagi (ini katanya pegawai BCA loh). Benefit yang diberikan juga sangat baik untuk para pegawainya. Nama besar BCA juga akan membantu proses Anda dalam mengajukan proposal ke calon mertua haahhaa.

**

Oh iya saya dijadwalkan untuk mulai mengikuti program 25 Mei yang lalu. Setelah pertimbangan dan doa, dengan berat hati dan dengan segala hormat, saya memutuskan untuk mengundurkan diri dari BDP.

Well, BDP BCA adalah pilihan yang sangat baik, tapi saya pribadi ingin menerima yang terbaik. Saya memilih untuk berkarir di dunia pasar modal.

Semoga Anda mendapatkan yang terbaik dalam hidup Anda!

Terima kasih BCA!

Semoga tulisan saya bermanfaat. Sukses buat rekan-rekan ya 😀

 

***

Referensi tambahan buat Anda:
https://triwahyuni27.wordpress.com/2014/10/31/pengalaman-mengikuti-tes-bdp-bca/
https://elmeny.wordpress.com/2010/10/11/finally-bdp-bca/
http://bellequeen-story.blogspot.com/2014/12/bdp-bca-development-program.html
http://aniisfitriani.blogspot.com/2012/09/bca-development-program-bdp.html
http://www.sursi.my.id/2014/04/psikotest-bdp-bca-development-program.html
http://christiansenfrisilyap.blogspot.com/2015/01/bdp-bca_56.html

[SHS]

 

Baca juga>>

One Thing You MUST Do This Christmas
Tahun Baru: Resolusi sudah basi! Buat ini yang lebih berarti
2 Cara Mengubah Pengalaman Terburuk Menjadi yang Terbaik
 I break up with my ex. And here 14 reasons why you should do too..
3 Cara Agar Kita Dapat DIMENGERTI Oleh Semua Orang. No 3 paling nusuk!
Hey, STOP, where are you going?! A MUST READ for anyone who wanders in life.

Iklan

53 pemikiran pada “Diterima BDP BCA Development Program 2015 dan Memutuskan Tidak Diambil

  1. yov

    kakkkk.. kalo misalnya abis medcheck trus kita diterima tp kita memutuskan utk gak ambil pekerjaannya, itu gimana cara nolaknya ya? tolak pas mau tandatangan contract atau gimana kak? trus jarak dr medcheck ke ttd contract biasanya berapa lama kak?

    Disukai oleh 1 orang

    1. yov

      ohh gitu kak.. jd tolaknya lgsg di depan hrdnya pas lg face to face?
      kalo udh disuruh dateng buat ttd kontrak, biasanya boleh minta waktu buat pikir2 dulu gitu gak kak? aku takut gaenak hahaha. thanks ya kak, ini tulisannya membantu bgt, tadinya aku kira kalo abis medcheck udh gaboleh nolak

      Disukai oleh 1 orang

  2. yov

    kakkkk.. kalo misalnya abis medcheck trus kita diterima tp kita memutuskan utk gak ambil pekerjaannya, itu gimana cara nolaknya ya? tolak pas mau tandatangan contract atau gimana kak?

    Disukai oleh 1 orang

  3. Kebalikan dari sy mas Sandro. Sy dulu bekerja di perusahaan yg bergerak di bidang asset management jg, tapi instrumennya bukan stock melainkan derivatif. Skrg justru ingin pindah ke perbankan. Cari yg ada produknya. Tapi btw Indonesia negara berkembang, literasi keuangan msyrkt semakin bagus. Semakin banyak orang” yg sadar pentingnya investasi. Sektor ini punya peluang bagus di masa depan.

    Sukses mas Sandro, semoga kliennya tambah banyak.

    Disukai oleh 1 orang

  4. Halo kak!!

    saya cuma bingung aja kok berkali2 saya daftar online BCA gk pernah lolos administrasi ya? isi dari form saya ada yang salah atau apa ya?… o iya lebih mudah mana lolos berkasnya klo daftar online atau ngirim langsung ke pusat? mohon pencerahannya kak.
    Tq

    Suka

  5. Kak,saya mau cerita lagi nih,sudah hampir 2 bulan saya belum dapat kabar soal program Analis Kredit BCA saya baru sampai tahap interview hrd. Apa artinya saya sudah tidak ditrima yaa kak? Mohon informasi nya terimakasih

    Suka

  6. permisi kak, mau tanya. kalo program analisa kredit sama BDP sama tidak? trus aku mau tanya waktu interview user, pertanyaan nya apa aja, ada yg menyangkut perbankan gak, soalnya aku dari jurusan teknik sipil, masih buta soal dunia perbankan? tolong di jawab yaa kak,terimakasih

    Disukai oleh 1 orang

  7. Andi

    mas mau tanya, saya ada liat di website bca karir ada program account officer, program relationship officer, dan ada bca banker program
    apa semua itu BDP ? dan apa bca banker program itu yang BDP ? soalnya dilihat persyaratannya sadis banget gan hehe

    Suka

  8. Ping-balik: BCA PRO 2016 | CATHY DJAYA

  9. Carlie

    Kak saya mau tanya, saya sudah 3 kali truh lamran di bca tapi sampai sekarang blm pernah kena panggil… Pantasan nilai ipk ku 3,22 ambil jurusan akuntansi s1… karena kesalahan apa ya sampai sekarang belum pernah kena panggil?
    Jika ada saran dari kakak terima kasih..
    Salam sukses buat kakak ke depannya…

    Disukai oleh 1 orang

    1. Coba perbaiki cv, bikin linkedin yang bagus, coba minta masukan sama rekan2 rekan kamu.

      Saran saya teruslah coba melamar pekerjaan sembari terus menambah pengalaman kerja dan pendidikan.

      Sukses terus. Gbu

      Suka

  10. Rian

    Mas, mau tanya pas tes kesehatan mata minus di tes kan?
    nah brp minus mas nya? saya minus 5,25, saya suka parno kalo tes kesehatan. soalnya pernah gagal di tes kesehatan, blom tau gara2 apa, apa gara2 minus?

    Disukai oleh 1 orang

    1. Halo mas, saya sih ga ada minus ya cuma ada silinder.
      Saya pribadi kurang tahu alasan knp mas ditolak di medcheck, saran saya mas bisa tanyakan kepada pihak recruitment atau kpd labnya krn itu hak mas.

      Semoga bermanfaat

      Suka

  11. Wah saya terkesan sekali dengan tulisan Kakak yg sgt membantu ini.
    Btw, boleh tanya ya Kak? 😊
    Saat Kakak mengundurkan diri apa Kakak sudah tandatangan kontrak?
    Ada sanksinya ga kak kalau mengundurkan diri seperti itu?
    Lalu ketika ditanya kesediaan penempatan di seluruh Indonesia kalau kita jawab tidak bersedia apa masih ada kemungkinan lolos?
    Mohon infonya ya Kak, GBU.

    Disukai oleh 1 orang

    1. halo halo, thx sudah mampir ya,

      saya mengundurkan diri dengan tidak menghadiri sesi tanda tangan kontrak 🙂

      kalau kamu sudah tanda tangan kontrak, ya kamu terikat dengan kontrak itu, dengan hak dan kewajibannya.

      utk program ODP memang harus bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia hehe, kalo gak tidak boleh tanda tangan.

      GBU too ^^

      Suka

    1. gajinya BDP lumayan besar menurut saya, di atas gaji MT bank BUMN, mirip sama gaji MT Bank asing.

      benefit lain2nya normal kayak asuransi aja sih paling ya

      kalo MT IT saya kurang tau mas, setau saya kalo BCA paling oke itu program BDP nya hehe

      thx ya udah mampir mas, sukses

      Suka

  12. saya kemarin sempat mengikuti tes dalam program serupa tapi tak se perusahaan. hehe
    dan tahap ke dua tidak lolos.
    i dont know why, walaupun minat saya adalah wira usaha dan sempat beberapa kali gagal. dan sedang merintis lagi. saya melakukan tes berbagai tes pekerjaan untuk meng iyakan kemauan sang orang tua.
    melihat profil anda saya salut. sampai jumpa di waktu yang akan di takdirkan oleh Tuhan.

    Disukai oleh 1 orang

  13. Ping-balik: 67. Tips Magang Yang Mahasiswa Butuhkan | Prisoner of Hope

  14. Ping-balik: Cara Diterima di Perusahaan yang Kamu Inginkan A la Sandra | Prisoner of Hope

Hey, what's your opinion? Be the first to speak up!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s