Satu Sumur Minyak Harganya 50 Milyar!! Teringat kuliah TPB ITB dulu..

Oil rigs at sunset

“Kalian tahu gak satu sumur minyak berapa harganya?”

Ini adalah sebuah cerita mengenai ketidakpastian yang bersumber dari pengalaman pribadi penulis 7 tahun lalu di ITB. Tulisan dimaksudkan untuk perenungan, bukan sindiran atau satir atau semacamnya. Thx.

Melihat apa yang sedang terjadi di dunia terkait minyak, saya jadi teringat suatu kejadian yang menurut saya lumayan intens dan sulit dilupakan. Quote diatas adalah cuplikannya..
*

Okay jadi waktu itu saya baru mulai berkuliah sebagai mahasiswa Fakultas Teknologi Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) Institut Teknologi Bandung. Semua rekan-rekan ITB pasti tahu kalau kita mengikuti program orientasi mahasiswa terpusat (waktu itu OSKM).

Setelah berpanas-panasan mendengarkan orasi dan agitasi, kami dikumpulkan untuk mendengarkan presentasi jurusan FTTM di gedung BSC-A daerah barat yang dekat dengan himpunan mahasiswa sipil. Sejujurnya saya kurang gitu mengerti mengenai jurusan-jurusan di FTTM.

Ah, di dalam gedung enak sekali ruangannya sejuk dan bisa beristirahat duduk. Di depan sudah ada 4 orang perwakilan jurusan yg berpakaian jaket himpunan siap berbagi cerita.

Saya sudah lupa apa yang mereka ceritakan, kecuali yang satu ini..

Seorang Ibu Dosen menyambut kami mahasiswa baru dengan sangat semangat, sangat sangat sangat semangat. Sungguh berbakat untuk menjadi MC ibu ini, saya pikir demikian. Setelah mengucap selamat datang dan berkelakar mengenai ospek ITB, beliau makin lagi bersemangat dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tak terlupakan ini..

(mohon bayangkan orasi yang berapi-api bersemangat)

“Kalian tahu gak satu sumur minyak harganya berapa???!!!”

Wah gua ga tau sih jujur. Temen-temen juga beberapa ga tau.

“Coba kalian tebak satu sumur minyak itu berapa harganya???!!!”

Beberapa ada yang nebak 1 milyar, 5 milyar, hingga terus diangkat terus flownya oleh beliau, hingga dia sendiri menjawab..

“SATU SUMUR MINYAK HARGANYA 50 MILYAR!!!!”

Wah mahal juga yah. Eh ternyata diomongin gak cuma sekali. Berkali-kali diserukan dengan semangat yang terus meningkat..

“SATU SUMUR HARGANYA 50 MILYAR!!”

Semangat banget deh itu beneran.

.

Gak nyangka sama nilai si sumur dan ga nyangka sama semangat mengenai cerita si sumur. Gak nyangka juga betapa cerah prospek di industri perminyakan (baca: gajinya gede banget).

Intinya Ibu Dosen ingin menceritakan betapa beruntungnya kami bisa kuliah di FTTM yang nanti bisa kerja yang berkaitan dengan minyak (yang satu sumur harganya 50 milyar) yang diharapkan bisa memiliki penghasilan yang sebanding dengan harga sumurnya.

Well, promosinya efektif. Teknik Perminyakan menjadi jurusan favorit dari 288 mahasiwa FTTM di saat itu (angkatan 2009 ya..)

**

Waktu itu harga minyak menyentuh $100 dan sejak 2014 terus turun. Hingga hari ini minyak di harga ada di bawah $35 dan ga ada seorang pun yang tau kapan harga minyak akan kembali naik.

akan naik ketika supply turun/demand naik” >>> yaiyalah, itu juga ga tau kapan, ga ada yang tau.

Artikel ini cukup jelas apabila Anda ingin tahu lebih mengenai “mengapa harga minyak bisa turun dan terus turun”

http://www.theweek.co.uk/oil-price/60838/oil-price-three-reasons-it-has-hit-a-new-11-year-low

Saya bukan ahli untuk menuliskan analisis harga minyak dunia di sini saya cuma mau bilang

Saya bener-bener gak nyangka industri minyak yang diagung-agungkan oleh banyak orang, salah satunya saya sendiri dan keluarga karena penghasilan di industri minyak yang bombastis hehe, kini bahkan tidak bisa memberikan lowongan pekerjaan yang cukup.

Tetap bangga melihat rekan-rekan yang masih bisa terus bersaing dan berkarir di industri. Sukses buat semua rekan-rekan yang bekerja di sektor perminyakan.

Demikian juga terjadi sama komoditas tambang yah. Sukses terus!

Ya memang benar kita akan kecewa kalau kita menggantungkan harapan kita kepada komoditas atau apapun di dunia yang nilainya akan terus berubah sewaktu-waktu. Berharaplah pada Tuhan yang tidak pernah berubah dan tidak akan mengecewakan. 

berdoa untuk industri minyak.jpg

All the best.

God bless you!

[SHS jan7-2016]

Iklan

Satu pemikiran pada “Satu Sumur Minyak Harganya 50 Milyar!! Teringat kuliah TPB ITB dulu..

Hey, what's your opinion? Be the first to speak up!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s