OMG sulitnya diterima jadi Management Trainee Trimegah Securities

MT Trimegah 2015

Hey, I really mean the title seriously!

Well it was a tough process for me. I hope my personal experience can give you knowledge and insight 🙂 Have fun!

*well my last article about getting into securities firm was not really informative, so i write a better one here.

*

Sedikit acknowledgment, tulisan ini tercipta karena ada 3 dorongan di bawah ini:

1. My dearest twin for her unending encouragement to write this story (she urged me from June 2015). She knows everything about the process hehe. She got pretty good tips about getting a job you want

2. The enthusiast job seekers. Beberapa orang japri saya, melalui linkedin, juga LINE, juga whatsapp, entah lah dapet kontak pribadi saya dari mana. Tapi yang pasti mereka pengen tau banget

a

anyway punten mas ya saya lama banget menunda-nunda hehe..

3. Rekan-rekan non-finance terutama engineering yang tertarik untuk berkarir di dunia finance. (sebenernya alesan utamanya karena gemes denger komentar orang yang anggep kalo anak teknik masuk industri finance itu gampang, well not for me, hehe)

(baca juga infografis makroekonomi yang #kekinian dan mudah dimengerti yg dibuat oleh tim MT saya)

 

b

Salah satu momen paling saya ingat, setelah perayaan penerimaan MT, kami diundang berkeliling kantor berkenalan dengan pegawai.

Momennya adalah saya bersalaman dengan seseorang yang memiliki jabatan yang penting di perusahaan, saya ingat betul beliau karena dia banyak membantai saya di tahapan presentasi kepada Head + Board of Director. Dan sebaliknya, dia juga mengingat saya. Kami bersalaman, dan dia berkata:

Hmm, Sandro, jujur saya bener-bener ga nyangka kamu bisa diterima jadi MT di sini..

Saya tertegun, hanya bisa menjawab dengan senyum, dan jadi mengerti kalau saya juga gak nyangka bisa diterima jadi MT di perusahan ini. Well semua karena kasih karunia Tuhan 🙂

*

Okay sedikit perkenalan, perusahaan yang saya masuki itu namanya Trimegah Securities, unit bisnisnya adalah Sekuritas dengan anak perusahan Asset Management. Basically perusahaan yang bergerak di industri pasar modal, saya sempet cerita lah sedikit di post yang lalu, silakan google ya kalau mau tau lebih tentang capital market.

Mengenai MT Trimegah, sempet juga dituliskan orang-orang di kaskus. Intinya ya sama kayak program MT pada umumnya, disiapkan untuk menjadi calon pemimpin perusahaan di masa depan. MT 2015 Ini adalah batch MT yang pertama yang Trimegah punya.

Total applicants (liat sendiri di jobstreet) kira-kira ada 2,000 orang dan yang diterima berjumlah 11 orang, dengan quick profile: 50% S2, 50% lulusan luar negeri, 50% background non-finance, 100% reputable universities, dan 100% memiliki kelebihan dan keunikan yang kuat. Bangga dan seneng banget bisa kerja bareng mereka 🙂 For example: ada yang finalis abang none, Harvard Model United Nation, dapet 100 ujian matematikanya,  penulis lagu Dewi Sandra, kerja 2 tahun di Big Consulting Firm, dan lain-lain. Bangga dan seneng bisa kerja bareng orang-orang berkualitas 🙂

Kalau saya? Alumni teknik pertambangan ITB yang pernah buka beberapa usaha sendiri, intern di Freeport Papua, tugas akhir di Antam, presentasi paper di Jepang, pernah menang lomba nulis di KOMPAS, menang kompetisi wirausaha di ITB, pengalaman kepemimpinan di banyak organisasi (say: jurnalis+pemimpin perusahaan di boulevardITB, ketua ekskursi di Tambang ITB, ketua acara paskah PMK ITB, dan ketua kewirausahaan di pelayanan mahasiswa). #justsharing #iknowyouarebetter

Basically, MT pada umumnya cari orang yang punya jiwa pemimpin, memiliki kemampuan berpikir  di atas rata-rata, pola pikir kritis, kreatif, supel, inovatif, memiliki kemampuan soft skill yang kuat, kemampuan belajar yang tinggi, dan tentunya memiliki attitude yang baik. Kurang lebih gitu lah, Anda pasti tau lah ya..

So let’s dive into the recruitment process..

**

Overall, prosesnya lumayan compact dan intense dibanding rekrutmen MT lain. MT Trimegah open recruitment via jobstreet sampai tanggal 31 Maret, saya psikotest 20 April, lalu Focus Group Discussion 30 April, dilanjutkan interview di hari itu juga, lalu 11 Mei dikasih tugas kirim presentasi sampai 18 Mei, saya kirimnya lebih awal dan nego (karena nyaris masuk program BDP bank BCA LOL hahahahaaa) jadilah presentasi di depan 8 Head+BOD tgl 18 Mei, trus ada proses tambahan panel interview 10 candidates with BOD 22 Mei, ditelpon sorenya, medical check-up 23 Mei, 26 Mei tanda tangan kontrak, dan 8 Juni hari pertama kali kerja.

So, berikut 7 tahapan rekrutmen:

1. Seleksi dokumen

Ya intinya apply lewat Jobstreet lalu kirim CV. Kalau secara persyaratan sudah lewat seharusnya dipanggil ya. Tentu harus buat CV yang bagus lah, terus juga ya, please banget bikin LinkedIn yang bagus. Anyway, writing about making an awesome CV and attractive LinkedIn profile could make a new article, ah talk about it later ya.

Hal yang paling saya syukuri adalah MT Trimegah: open for all major/terbuka untuk semua jurusan. Saya coba apply di MT sekuritas lain gak dapet panggilan loh bro, well, mainly because of my major (i think). Thank God, I applied the right company at the right time hehe.

2. Psikotest

Dari HRD katanya setengah dari applicants dipanggil untuk Psikotest. Gua udah expect psikotest dengan kertas koran (you know) tapi ternyata gak ada. Psikotestnya itung-itungan logika yang menurut saya seru banget (i love doing psikotest hehe) dan seinget gua kayaknya ada test kepribadian dikit banget deh.

Soal itungannya logika banget gitu. Deret hitung dan something with numbers, well you work in capital market, you  need to be analytical and logical.

Saran: main sudoku, play psikotest-like games.

3. Focus Group Discussion

Ini tahapan yang paling kejam seleksinya, menurut saya. Soalnya ketat banget seleksinya bro. Well, di batch gua aja, dari 8 orang yang est, yang lulus cuman 2 orang. Trus ada juga batch yang dari 8 orang gak ada yang lulus. WEW.

So, ngapain aja sih? Basically ga beda jauh sama FGD di rekrutmen perusahaan lain. Gua sejujurnya udah banyak banyak ikutin proses rekrutmen, dan juga lumayan sering dan suka diskusi kelompok mencari ide dan sepakat memecahkan masalah.

Topik FGD yang dibahas tidak berhubungan dengan pasar modal. Banyak yang nanya soalnya nih.

Well ya mungkin aja nanti berubah ya. jadi bersiaplah untuk segala kemungkinan yang ada hehe. well well, well, again FGD is not about looking the right solution, it is about how you solve the problem, you how you discuss with your friends, how you respect people’s argument, how you lead your team to define the problem and find the solution, how you deal with on conflicts or different perspective.

Intinya MT mencari pemimpin.

Pemimpin harus bisa bekerja sama dalam tim, harus bisa mengendalikan alur tim, harus bisa membawa tim ke “jalan yang benar” harus menghargai anggota tim, harus bisa deh intinya memimpin tim memecahkan masalah bersama-sama.

Ini jadi warning  buat orang (dan gua juga) yang terlalu memaksakan opini pribadi, tidak berpikir logis dalam mencari solusi dan melihat masalah, tidak menghargai pendapat orang lain, terlalu mendominasi, tidak fokus pada solusi, egois, ingin menang sendiri, tidak mempunyai opini pribadi, ikut-ikutan, dan segala hal buruk dalam diskusi kelompok.

4. Behavioural Interview

Setelah diumumin siapa yang lolos di FGD kami langung interview. Well, capek yak hahahaha. Oh iya FYI yang melakukan proses FGD dan interview ini adalah tenaga ahli rekrutmen *duh istilahnya* maksudnya bukan dari orang trimegahnya gitu.Well, ini saya sebut sebagai behavioural interview karena ini interviewnya tentang behaviour or perilaku Anda, Anda, dan Anda.

Jadi kecil kemungkinan akan dibahas mengenai hal teknis (saya sih ditanya hal teknis ttg pasar modal karena dia tau saya orang teknik dan kayaknya mau nguji keseriusan saya apply kerja hhe).

Jadi pertanyaanya kira-kira: sebutkan 5 kelebihan dan 5 kekurangan Anda, sebutkan pengalaman Anda dalam memecahkan suatu masalah yang sulit, pengalaman menghadapi krisis, keberhasilan Anda, kekecewaan Anda, rencana masa depan Anda, alasan Anda apply, nilai-nilai yang Anda pegang (gak ada perusahaan yang mau hire orang tukang tipu), pokoknya dia nanya terus kita cerita dan si interviewer ini entah gak berhenti menulis di kertas wkwkwk.

5. Presentasi ke BOD

Wah ini paling menegangkan buat gua. So kita diminta presentasi mengenai Pasar Modal. Tentu gua gak bisa cerita apa topiknya, untuk menjaga reputasi HR dan juga menjaga kamu supaya tidak gampangan terpengaruh baca tulisan orang hahahhaa.

Sejak dikasih tau tugasnya, kami dikasih waktu 7 hari untuk menyelesaikan dan mengirimkan powerpointnya. Maksimum slide 5 buah dengan waktu presentasi 15 menit, jadi harus compact dan jelas. Oh iya, dikasih tau juga clue-nya: presentation in English will give more added value. So buat lah presentasi dalam bahasa inggris dan berkata-kata lah dalam bahasa Inggris.

Anyway,

deadline 7 hari tapi gua selesaikan dan kirim di hari ke-3

hehehe harus gitu bro supaya exceptional. Oh iya dan dalam pembuatan slide nya gua diskusi sama 5 orang yang bekerja di pasar modal or finance juga ehehe.

Mengenakan jas lengkap dengan dasi, gua presentasi di hadapan 8 orang Head dan Board of Directors. Ya deg-degan banget lah coy ahhahaha. Presentasi gua berjalan dengan lancar dan sangat singkat, well ya mereka udah pada tau juga konten dari apa yang gua presentasikan #yaiyalah. Dari apa yang gua presentasikan, palingan mereka kayak ngebantai dan coba nguji pengetahuan dan pemahaman gua tentang pasar modal, sisanya lebih ke diri gua sendiri hehe

Pertanyaan yang pasti dibahas: mengapa mau kerja di capital market, bagaimana pengalaman kerja sebelumnya, kenapa gak kerja di industri lain terutama tambang (you must convince them that you’re not joking around with applying to the company), lalu minat di pasar modal mau jadi apa mau di bagian apa, terus ya gua banyak banget ditanyain mengenai tambang teknis banget dan lumayan detail pertanyaan2nya, kayak gimana konsep penambangan emas, tambang freeport itu kayak gimana, gmn cara ngolah emas, trus tambang batu-bara juga (sempet 20 menit kali ngebahas ini wkwk), trus ya agak dibantai lah pastinya hahahha harus maklum dan tahan banting ya broo.

Pertanyaan mengenai capital market misalnya perusahaan butuh modal mendingan terbitin obligasi atau IPO saham aja, apa aja pertimbangannya (menurut gua ini pasti ditanyain sih) or mengapa gak minjem aja ke bank ketimbang IPO.

Anyway ada satu orang yang ternyata satu almamater di ITB (well gua gak kaget sih, karena sebelum presentasi gua udah browsing satu per satu siapa aja board of directorsnya, backgroundnya apa, bahkan foto2nya udah gua print loh #seriusbanget). Preparation is everything! Gua berharap bakal dibantuin eh malah dibantai juga hahahaha. Praise GOD^^

Gua sih mencoba full bahasa inggris di presentasi, tapi karena mereka juga campur pake bahasa Indonesia jadi apa daya gua jadi ikutan juga campur aduk deh.

(Ini Cara Dapat Skor TOEFL yang tinggi tanpa ikutan les)

Seru banget banget! Preparation is everything. Di titik ini gua bersyukur kalo gua sering melakukan public speaking dan juga sering dibantai hahahahhaha

6. Panel Interview

Well awalnya sih agak kecewa yah, karena HRD sempet bilang kalo tahapan presentasi BOD adalah tahapan terakhir, eh ternyata ada tahapan tambahan. So tersisa 20 orang lagi. Hmm hmm hmm. So ini adalah tahapan yang bener-bener terakhir sih harusnya yaaaa.

Well, setelah sekian panjang proses, sempet diterima perusahaan yang bukan keinginan gua, sempet juga ditolak sama banyak perusahaan, well, so this is the moment!

Waktunya untuk berjuang habis-habisan, ah iya 6 bulan yang lampau saya membuat keputusan untuk berkarir di dunia investasi, dan ya ini harusnya jawaban doa! Well gua udah ambil keputusan ninggalin tanda tangan kontrak di perusahaan sebelah, langkah yang berani dan harus harus harus harus berhasil! So, ya seperti yang seharusnya yang saya lakukan, gua belajar dan bersiap-siap. and yes, pray!

Jadi, saya kebagian batch yang sore bersama 8 kandidat yang lain. Saya, seperti biasa saya lakukan, berkenalan satu per satu dengan setiap kandidat, bertanya latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, minat di pasar modal, ya obrolan-obrolan singkat mengenai mereka. Mengapa? Man,

kita mau perang, harus tau dong siapa aja lawan-lawannya hehe.

So 9 orang kandidat bertemu dengan semua Board of Directors yang jumlahnya kira-kira 12 orang. Seru banget woy hahahahha. Setelah Pak CEO datang, panel diskusi pun dimulai. Oh yeah. Jadi BOD awalnya sedikit bercerita mengenai program MT, lalu seleksi dimulai dengan BOD memberikan pertanyaan, lalu dipersilakan kandidat untuk menjawab berdasarkan inisiatif pribadi, ya kalo mau jawab silakan bicara aja gitu hehe.

Pertanyaan pertama diajukan oleh Pak CEO, topiknya mengenai pasar modal tapi tidak lah hal yang terlalu teknis mengenai capital market. Oh iya mereka mengingatkan bahwa yang terpenting adalah pola pikir dalam menjawab pertanyaannya, karena pengetahuan teknis mengenai pasar modal dapat dipelajari di kemudian hari ya kan. Pertanyaannya agak umum, beliau mempersilakan kami untuk berpikir sejenak.

Salah satu dari kandidat, kurang dari satu menit langsung menjawab, WOW! Ya, kalo saya sih, menunggu sampe mateng dulu ide-idenya, sambil dengerin ide-ide dari kandidat lainnya. Supaya bener powerful dan nendang banget gitu hehe.

Setelah ada beberapa orang menjawab, saya setelah banyak mencoret-coret dengan pulpen warna-warni saya di kertas penuh dengan diagram dan mindmap, saya pun menjawab. Jawabannya nendang, jelas, unik, out of the box, full of examples, saya juga menyampaikan pendapat tidak setuju pada jawaban beberapa kandidat lainnya.

Anyway, topiknya agak nyerempet dengan Marketing, well, bersyukur dulu sempet buka bisnis sendiri hehe jadi lumayan nyala ini otaknya. Gua puas banget banget sama jawaban gua sih hehe.

Setelah itu, ada pertanyaan out of the box, hmmm, gaya pertanyaannya mirip kayak kalo Anda apply consulting firm gitu, yang kayak: “berapa jumlah kucing yang ada di jakarta sebutkan cara paling mudah untuk menumpuk benda X sampe bisa mencapai ketinggian sekian meter.” ya gitu gitu lah, jawabannya dituliskan dan dipresentasikan juga hehe.

And then, abis itu, seru banget sih, jadi kita di kelompok kan bertiga-tiga, lalu mendapat tugas untuk mempromosikan orang lain untuk bisa di-hire sama BOD. Wah seru banget yah, well kita kan pasti menjual diri sendiri, tapi kalau menjual orang lain?

Gua coba “jual” dengan maksimal dan gua seneng banget sih yang ngejual gua orangnya keren banget, bener2 convincing banget, like dia malah ngeliat hal positif tentang gua yang gua even gak notice wkwkwkwk. Jadi dia sadar kalo gua di sebelum test itu gua berkenalan dan banyak nanya sama kandidat lain tentang banyak hal juga tentang planning ke depan. Doi mengkaitkan itu dengan salah satu value Trimegah: Future Thinker. Gileeeeee, gak kepikir coy hehe.

In short, itu intense banget dan sangat sangat meaningful hehe

7. Medical Check-up

Sepulang dari panel interview, saya saat di perjalanan pulang kira-kira 2 jam setelah acara, saya mendapat telpon dari HR bahwa saya diterima. OH YES THANK GOD!

And yes, besok saya langsung medical check-up, and yeah I don’t have any problem with my health, and here we are working and struggling as MT in Trimegah Securities. Ah doakan bisa jadi yang terbaik ya di market hehe.

 

**
Ah, yes, Thank GOD, I have finished the article.

***

Semoga bermanfaat dan menginspirasi ya.

So, are you interested working in capital market industry? or do you have any question? Fill the comments below.

 

Thx for reading 🙂

DISCLAIMER: PENULIS TIDAK BERTUJUAN MEMBERIKAN BOCORAN ATAU REKOMENDASI APAPUN MENGENAI REKRUTMEN PEKERJAAN TERKAIT. PEMBACA DIHARAPKAN UNTUK BIJAK DAN BERTANGGUNG JAWAB DALAM MWNGAMBIL KEPUTUSAN APAPUN TERKAIT TULISAN INI.

Wish you all the best for the job you have!

(cobain juga baca artikel paling laris kelebihan orang indonesia dibandingkan jepang dan artikel tentang jangan bikin resolusi tahun baru)

[]

Iklan

13 pemikiran pada “OMG sulitnya diterima jadi Management Trainee Trimegah Securities

  1. Rindyal

    Wah selamat Kak, saya sekarang lagi ikut seleksi MT Trimegah juga dan jumat besok mau ke tahap selanjutnya buat FGD. Mau nanya dong kak, pas FGD itu full in english atau pake bahasa Indonesia ya? Makasih kak.

    Disukai oleh 1 orang

  2. inge

    Hai Sandro.
    Congrats ya keterima MT nya Trimegah. Very cool and inspiring article!
    Anw, baca tulisan lo yg hampir dapet MT nya BCA, kayaknya kita pernah ketemu deh. Hahahaha. Boleh minta contact (email/linked in/wa) ?

    Disukai oleh 1 orang

Hey, what's your opinion? Be the first to speak up!

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s